get app
inews
Aa Read Next : Dialog Spesial Rakyat Bersuara Adu Bukti Buat Demokrasi, Malam Ini di iNews

Tidak Termakan Hoaks Jelang Pemilu 2024, Ini Kiat Cerdas dari Menkominfo

Senin, 05 Februari 2024 | 10:32 WIB
header img
Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBatam.id - Akhir-akhir ini dunia maya banyak dimunculkan informasi dan berita palsu atau lebih dikenal dengan istilah “hoaks” oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggungjawab.

Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu. Hal itu tentunya akan sangat merugikan bagi pihak korban fitnah. Terlebih lagi menjelang Pemilu 2024.

Lalu bagaimana caranya agar tak terhasut?. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi pun membagikan tips agar masyarakat tidak termakan hoaks.

Dalam acara Literasi Digital Pemilu Damai Makassar yang dilaksanakan baru-baru ini, Budi Arie menekankan agar masyarakat mengikuti panduan BAS!. Ini merupakan akronim dari Baca Informasi dengan hati-hati, Ayo cek kebenaran informasi, dan stop informasi bohong mengandung SARA.

Budi Arie mencontohkan salah satu konten hoaks yang memuat informasi tidak benar telah diidentifikasi Tim AIS Kominfo. Konten tersebut berupa unggahan video pada tanggal 17 Januari 2024 yang mengklaim penemuan kotak suara ganda di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Jika tidak ada kehati-hatian, netizen pun dengan mudah termakan tipuan hoaks tersebut bahkan ikut menyebarkan informasi palsu itu. Inilah salah satu contoh bagaimana temuan hoaks bisa menjadi mendelegitimasi kepercayaan masyarakat pada institusi penyelenggaraan Pemilu,” ungkapnya dikutip pada Senin (5/2/2024).

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut