get app
inews
Aa Read Next : Tidur dengan Kipas Angin Membahayakan Kesehatan? Ini Penjelasan Dokter

Lalapan Mentah Bisa Mengancam Tubuh, Berikut Penjelasannya

Sabtu, 10 Februari 2024 | 11:43 WIB
header img
Lalapan Mentah (Foto: Freepik)

BATAM, iNewsBatam.id - Meskipun sayuran dinilai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengonsumsi makanan tersebut.

Mengkonsumsi sayuran mentah dalam kehidupan sehari-hari ternyata tidak sesehat yang dibayangkan selama ini.

Meskipun sayuran dinilai memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengonsumsi makanan tersebut.

Dokter sekaligus Healthy Educator, dr Nadia Alaydrus menjelaskan lalapan mentah bisa berpotensi menimbulkan bahaya kesehatan pada tubuh. Sebab, mikroorganisme seperti Salmonella, E.Coli, Listeria, dan juga telur cacing bisa terdapat pada lalapan mentah.

Akibatnya, masalah kesehatan bisa dengan mudah timbul karena adanya bakteri tersebut.

“Nah tentunya ini tuh bisa menginfeksi saluran pencernaan yang bisa bikin kita mual muntah, diare, sakit kepala, demam dan lain-lain,” kata dr Nadia, dikutip dalam akun TikToknya @nadialaydrus, Minggu (4/2/2024).

Oleh karena itu, menurutnya hal-hal seperti ini diperlukan ketelitian. Sehingga dr Nadia menyarankan sebelum lalapan itu dikonsumsi secara utuh ada baiknya memilih sayuran yang masih dalam keadaan fresh, tidak layu, dan juga tidak rusak.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut