get app
inews
Aa Read Next : Tidur dengan Kipas Angin Membahayakan Kesehatan? Ini Penjelasan Dokter

5 Gejala Gerd Ini Jarang Diketahui Orang, Salah Satunya Bau Mulut

Rabu, 10 Juli 2024 | 14:14 WIB
header img
Ilustrasi gerd. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBatam.id - Ada banyak gejala Gerd (Gastroesophageal reflux disease) yang jarang diketahui oleh banyak orang. Gerd adalah kondisi medis di mana asam lambung secara rutin mengalir kembali ke kerongkongan, menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan.

Meskipun gejala utama Gerd adalah mulas atau sensasi terbakar di dada, ada beberapa tanda lain yang sering tidak disadari atau dihubungkan dengan Gerd. Salah satunya adalah bau mulut yang sering dianggap karena disebabkan gigi berlubang.

GERD sendiri dapat memengaruhi kualitas hidup secara signifikan jika tidak ditangani dengan baik. Dengan kesadaran yang lebih baik dan tindakan yang tepat, gejala Gerd dapat dikendalikan, sehingga meningkatkan kualitas hidup penderita.

Berikut ini adalah lima gejala Gerd yang tidak banyak diketahui orang, dilansir dari akun Instagram dokter umum dan konsultan gaya hidup sehat, dr. Prama Aditya, B.Med.Sc., Mkes., Aifo, @drpramaaditya, Rabu (10/7/2024).

5 Gejala Gerd yang Jarang Diketahui

1.Sensasi Menyangkut di Tenggorokan

Salah satu gejala Gerd yang sering terabaikan atau tidak diketahui banyak orang adalah rasa menyangkut di tenggorokan, yang dalam istilah medis dikenal sebagai globus sensation. Sensasi ini disebabkan oleh iritasi dan peradangan pada jaringan tenggorokan akibat paparan asam lambung.

"Yang pertama itu berasa ada yang nyangkut di tenggorokan kamu. Jadi banyak pasien itu bilangnya berasa ada bola tenis. Jadi pas nelennya susah," kata dr. Prama.

2.Rasa Asam

Gejala ini bisa sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Rasa asam di mulut pada penderita Gerd terjadi karena asam lambung yang naik ke kerongkongan mencapai mulut. Proses ini disebut regurgitasi, di mana isi lambung yang bersifat asam naik kembali melalui kerongkongan dan masuk ke rongga mulut.

"Yang kedua kerasa ada rasa asam dan pahit, kayak rasa mental gitu di ujung lidah," jelasnya.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut