get app
inews
Aa Read Next : TNI AL Tambah Armada dengan Dua KRI Terbaru Buatan Batam

2 Unit KAL Produk dalam Negeri Siap Jaga Laut Indonesia

Jum'at, 16 Februari 2024 | 15:29 WIB
header img
2 Unit KAL Produk dalam Negeri Siap Jaga Laut Indonesia. (Foto: iNews Batam / Pratamayude)

BATAM, iNewsBatam.id - Dua unit Kapal TNI Angkatan Laut (KAL) yang merupakan produk dalam negeri, siap melakukan penjagaan di laut Indonesia. 

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan, dua unit kapal tersebut yakni KAL Sembulungan II-5-42 dan KAL Hinako I-2-19. Kapal tersebut dibuat oleh galangan kapal PT. Citra Shipyard, dengan menghabisnya waktu selama 16 bulan. 

"Jadi kapal ini akan dikirim untuk menjaga keamanan laut Indonesia di perairan Nias untuk memperkuat jajaran Lanal Nias dibawah Lantamal II Padang. Kemudian di Lanal Banyuwangi dibawah Lantamal V Surabaya," ujar Ali usai melakukan upacara penerimaan, Jumat (16/2/2024).

Ia menjelaskan, biaya yang digunakan untuk membangun kapal-kapal tersebut sebesar Rp105 miliar. Keunggulan dari kapal-kapal tersebut yakni, mampu mencapai kecepatan 28 knot dan sudah langsung dilengkapi dengan 1 unit meriam 20 mm dan 2 unit meriam 12,7 mm.

"Kemudian kapal ini juga cocok untuk di perairan sempit, dangkal, dan perairan selat-selat, gahkan bisa masuk ke sungai. Kapal ini sangat efektif digunakan untuk operasi keamanan dan penegakan hukum di laut, karena kita tahu banyak sekali penyelundupan-penyeludupan dilakukan di selat-selat sempit," jelasnya.

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut