get app
inews
Aa Read Next : Dua Titik Lokasi Nobar Semi Final Piala Asia U-23 di Batam, Ruko KBC dan Engku Putri

5 Provinsi Memasuki Musim Panen  Akhir Februari, Harga Beras Akan Turun?

Sabtu, 24 Februari 2024 | 11:39 WIB
header img
Panen Raya. (foto: Ist)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Sejumlah provinsi mulai memasuki musim panen raya pada akhir Februari 2024. Kementerian Pertanian (Kementan) mencatat  lima provinsi tersebut di antaranya, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Banten, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur. 

Provinsi Sumatera Selatan telah melakukan panen padi di beberapa kabupaten, salah satunya di Kabupaten Banyuasin yang terdiri dari enam Kecamatan yakni  Muara Telang, Tanjung Lago, Air Salek, Muara Padang, Sumber Marga Telang, Muara Sugihan, Pulau Rimau dan Selat Penuguan. 

Banyuasin sudah melakukan panen sejak Januari, Februari dan untuk Maret dengan luas diprediksi mencapai 46.000 hektare. Musim panen raya di Sumatera Selatan akan terjadi pada Maret 2024 mendatang dengan prediksi seluas 81.000 hektare.  

Pemerintah Sumatera Selatan optimistis tidak akan terjadi perubahan yang besar meski musim tanam bergeser dampak dari pengaruh El Nino di penghujung tahun 2023. 

Selain itu, petani di Jawa Tengah dan Jawa Timur tengah masuk masa panen padi dan melangsungkan kegiatan panen raya yang dimulai akhir Februari hingga diperkirakan puncaknya pada April 2024 mendatang. Hasil panen ini akan membanjiri ketersediaan beras di pasaran. 

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur mencatat bahwa panen tahun ini mengalami peningkatan luas panen dari sebelumnya 51.741 hektare pada Januari menjadi 108.435 hektare di Februari. 

Luasan tersebut akan meningkat pada Maret sebesar 361.151 hektare. 

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut