get app
inews
Aa Read Next : BPU Batam Layani 580 Ribu Penumpang Saat Lebaran 2024

Rumah Aman Saat Mudik Lebaran, Warga Batam Perlu Lakukan 7 Tips Ini

Sabtu, 06 April 2024 | 11:44 WIB
header img
Ilustrasi Mudik Lebaran

BATAM, iNewsBatam.id - Momen libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mudik atau pulang ke kampung halaman, Tak luput pula para perantau yang berada di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Hal ini bisa dilihat dari membludaknya pemesanan tiket pesawat dan Kapal jelang Hari Raya 2024.

Selama mudik Lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Hal ini bisa memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian maupun perampokan. 

Tidak hanya itu saja, potensi bencana seperti kebakaran maupun banjir pada rumah yang kosong juga patut untuk diwaspadai.

Agar bisa meninggalkan rumah dengan aman, berikut 7 tips yang harus dilakukan warga Batam saat mudik Lebaran

1. Bersihkan Rumah

Sebelum pergi mudik lebaran, luangkan waktu terlebih dahulu untuk membersihkan rumah. Jika rumah ditinggalkan dalam keadaan kotor dalam waktu yang lama bisa menyebabkan munculnya hewan-hewan seperti tikus, kecoa, dan semut. 
Jika ada rumput liar dan tanaman liar di bagian luar rumah, potonglah terlebih dahulu agar rumah ditinggal mudik lebaran tetap tampak rapi.

2. Menghidupkan Sebagian Lampu Rumah

Mematikan lampu rumah secara menyeluruh akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap akan menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Hal ini tentunya bisa menjadi pemicu tindakan kejahatan pencurian rumah kosong.

Namun, jangan biarkan lampu Anda terus menyala sepanjang waktu karena tentunya cukup menguras listrik.

Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan lampu pintar yang bisa mendeteksi intensitas cahaya dan memiliki timer atau bisa juga meminta pertolongan kepada tetangga untuk menyalakan dan mematikan lampu teras dan beberapa bagian rumah.

3. Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci Rapat

Mengunci pintu dan jendela rumah merupakan hal terpenting yang wajib dilakukan sebelum meninggalkan rumah. Hal ini merupakan langkah dasar untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik. 

Perlu diketahui, jangan menyimpan kunci di tempat-tempat yang mudah diketahui orang, seperti di bawah keset, rak sepatu maupun pot bunga

4. Pastikan Barang Elektronik dan Gas Tidak Menyala

Saat mudik lebaran, hal yang tidak kalah penting adalah memastikan  barang-barang elektronik tidak menyala. Hal ini bertujuan untuk menghindari hubungan arus pendek listrik atau korsleting.

Selain itu, pastikan juga gas tidak terhubung kepada kompor, hal ini untuk menjaga-jaga tidak terjadi kebocoran gas saat meninggalkan rumah.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut