get app
inews
Aa Read Next : Dugaan Korupsi KONI Karimun: Saksi Ahli Temukan Selisih Anggaran Rp 433 Juta

Menaker Ida Fauziyah Resmikan BLK di Kabil, Batam, Ini Harapannya

Rabu, 10 Juli 2024 | 17:01 WIB
header img
Menaker Ida Fauziyah menyapa peserta pelatihan di sela peresmian gedung Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Batam. (Foto: Yude/iNewsBatam.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Ida Fauziyah, meresmikan gedung Satuan Pelayanan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (10/7/2024).

Ida Fauziyah menekankan bahwa pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di kawasan Kabil, Nongsa ini bertujuan untuk menanggulangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Dia menyoroti pentingnya BLK dalam meningkatkan kualitas tenaga kerja dengan merespons kebutuhan pasar kerja melalui desain pelatihan yang terstruktur.

Selain itu, Ida Fauziyah juga mendorong kolaborasi antara BLK dengan industri untuk memastikan bahwa kualitas skill yang diajarkan sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

"Tingkat pengangguran terbuka di Indonesia, terutama di kalangan lulusan SMA/SMK/Sederajat dan Diploma 1-4, masih tinggi. Hal ini menunjukkan perlunya penyesuaian antara kemampuan lulusan dengan kebutuhan industri," ujarnya.

Menurut data Kemenaker RI, mayoritas tenaga kerja di Indonesia berasal dari lulusan SMP ke bawah, sementara banyak industri membutuhkan kualifikasi yang lebih tinggi.

Ida Fauziyah menyoroti pentingnya pelatihan yang tepat guna untuk menyediakan skill yang sesuai dengan tuntutan pekerjaan di era industri 4.0 dan digitalisasi.

"Dalam menghadapi perkembangan industri dan digitalisasi, kita perlu memastikan bahwa lulusan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk beradaptasi dengan lapangan kerja baru yang muncul," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi penurunan tingkat pengangguran terbuka di Indonesia, yang mencapai 4,8 persen pada Februari 2024, menandakan langkah positif dalam mengurangi pengangguran sejak era reformasi.

Dengan peresmian BLK di Batam ini, diharapkan dapat tercipta sinergi antara pendidikan vokasi dan industri untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan sesuai dengan kebutuhan pasar.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut