get app
inews
Aa Read Next : Bakal Calon Peserta Pilkada se-Kepri Ikuti Pemeriksaan Kesehatan di RSBP Batam

Pilkada 2024: Pemkab Natuna Tuntas Salurkan Dana Hibah Rp 27,5 Miliar

Rabu, 07 Agustus 2024 | 13:54 WIB
header img
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda. (Foto: Alfie/iNewsBatam.id)

NATUNA, iNewsBatam.id - Pemerintah Kabupaten Natuna menyalurkan dana hibah Rp 27,5 miliar untuk KPU dan Bawaslu serta anggaran pengamanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Natuna, Helmi Wahyuda mengatakan, anggaran tersebut dialokasikan untuk KPU Rp 16 miliar dan Bawaslu Rp 7,5 miliar.

“Kalau KPU Rp 16 miliar dan Bawaslu Rp 7,5 miliar. Semua sudah 100 persen kami salurkan,” ujar Helmi Wahyuda, Rabu (7/8/2024).

Yuda menjelaskan, penyaluran dana hibah tersebut dilakukan dalam dua tahap. Sebanyak 40 persen pada November 2023 lalu dan 60 persen di Juni 2024.

“November kemarin 40 persen karena sudah aturan dari PKPU untuk dana persiapan KPU dan Bawaslu dalam merekrut KPPS Pilkada,” katanya.

Sementara itu, Pemkab Natuna juga menyalurkan dana untuk pengamanan Pilkada ke Polres Natuna dan Kodim 0318 Natuna. Dana tersebut disalurkan pada Juni 2024 sementara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) sudah dilakukan pada Januari 2024.

“Anggaran untuk pengamanan Pilkada, Polres Rp 3,5 miliar dan Kodim Rp 500 juta,” katanya.

Dia menuturkan, penyaluran dana hibah tersebut berdasarkan kemampuan keuangan daerah setelah usulan yang diberikan kepada Kesbangpol. Kemudian usulan tersebut diteruskan ke Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Nantinya berdasarkan kemampuan realisasi keuangan, pihaknya melakukan penandatanganan NPHD antara pemerintah daerah dan penerima hibah.

“Kami sudah terima pesan dari Menkopolhukam dan Mendagri agar pelaksanaan Pilkada ini tidak terjadi keterlambaatan terkait anggaran,” pungkasnya.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut