get app
inews
Aa Read Next : Alice Guo, Mantan Wali Kota Filipina Akhirnya Ditangkap di Tangerang

Mantan Wali Kota Filipina Alice Guo Diduga Kabur dari Batam ke Jakarta

Senin, 26 Agustus 2024 | 16:45 WIB
header img
Kepala Imigrasi Batam, Samuel Toba (tengah) memberikan keterangan seputar kasus buronan asal Filipina. (Foto: Yude/iNewsBatam.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Mantan Wali Kota Bamban, Filipina, Alice Guo, diduga berhasil melarikan diri dari Batam, Kepulauan Riau.

Menurut Imigrasi Batam, Guo diduga telah menuju Jakarta setelah penangkapan anggota keluarga dan rekannya yang berinisial SG (40) dan KO (24) di Batam pada Selasa, 20 Agustus 2024.

Kepala Kantor Imigrasi Batam, Samuel Toba, mengatakan bahwa Alice Guo saat ini sedang dicari oleh tim Imigrasi Jakarta dan pihak otoritas Filipina.

"Terkait satu WNA berinisial AG, konon katanya mantan walikota ini sudah berangkat ke Jakarta. Tim imigrasi dan otoritas Filipina tengah mencari keberadaannya," ujar Samuel, Senin (26/8/2024).

Sementara itu, seorang WNA lain berinisial WG juga dilaporkan berhasil melarikan diri dari Batam dan kini berada di Hong Kong. Informasi ini diperoleh dari Imigrasi Filipina yang turut serta dalam pencarian keempat orang tersebut.

"WG berhasil meninggalkan Batam sesaat sebelum surat DPO dikeluarkan oleh otoritas Filipina," tambah Samuel.

Pencarian terhadap keempat WNA Filipina ini dimulai setelah otoritas Filipina mengeluarkan surat pencarian orang kepada Imigrasi Indonesia pada 19 Agustus 2024.

Imigrasi Batam kemudian melakukan pelacakan dan berhasil menemukan dua WNA, SG dan KO, sebelum mereka berangkat menuju Malaysia melalui Pelabuhan Internasional Batam Center.

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Batam mengungkap keterlibatan WNA Singapura berinisial ZJ dalam membantu pelarian buronan Filipina ke Batam, termasuk pemesanan kamar di Harris Hotel Batam Center.

"WNA Singapura ini turut membantu, dan kini sudah tidak berada di Indonesia," kata Samuel.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut