get app
inews
Aa Read Next : Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Tunjuk Ketua Pengda IJTI Kepri Gusti Yennosa Jadi Korwil Sumatera

12 Jurnalis Kepulauan Riau Hadiri Konsolidasi Nasional IJTI di Jakarta

Sabtu, 14 September 2024 | 13:56 WIB
header img
Pengurus IJTI Kepri bersama Ketua Umum IJTI Herik Kurniawan di sela-sela acara Konsolidasi Nasional di Jakarta. (Foto: Alfie/iNewsBatam.id)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Sebanyak 12 jurnalis  yang tergabung di dalam Pengurus Daerah Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (Pengda IJTI) Kepulauan Riau (Kepri) menghadiri Konsolidasi Nasional di Menara Peninsula Hotel, Jakarta Pusat, Jumat (13/9/2024).

Pada kegiatan, juga dihadiri oleh ratusan perwakilan jurnalis televisi yang berasal dari daerah-daerah seluruh Indonesia.

Selain itu juga dihadiri langsung oleh Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Nezar Patria, Jenderal Polisi, Listyo Sigit Prabowo, Ketua Umum Dewan Pers, Ninik Rahayu, dan Ketua Umum IJTI, Herik Kurniawan.

Mengangkat tema Konsolidasi Nasional yaitu Jurnalisme Positif, Eksistensi TV Berita dan Kemerdekaan Pers di Era AI, kegiatan ini juga digelar dalam rangka memperingati hari jadi IJTI yang ke-26 tahun.

Dalam acara tersebut, dibahas mengenai dampak kemajuan teknologi, seperti penyebaran disinformasi jelang Pilkada November mendatang. Penekanan diberikan pada risiko penyebaran video deepfake yang berkualitas tinggi.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika, Nezar Patria, mengatakan, salah satu cara menangkal penyebaran disinformasi tersebut dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.

Pemanfaatan AI dalam jurnalisme menurut Nezar akan memudahkan dalam menyaring informasi yang akan disampaikan ke masyarakat.

“Artificial Intelligence bisa untuk pengecekan fakta dan analisa disinformasi,” katanya.

Selain pengecekan fakta dan analisa disinformasi, teknologi AI dalam Jurnalisme juga bisa digunakan untuk personalisasi dan otomatisasi konten, peringkasan dan penyusunan teks dan chatbot untuk interview dan survei publik.

Nezar mengatakan, media nasional bisa menerapkan model bisnis multi platform dengan menyajikan berita dibeberapa platform konten sekaligus.

Kedua, menghadirkan konten show jurnalisme yang fokus pada konten berita mendalam, spesifik dan menarik. Ketiga, diversifikasi dan penyajian konten berkualitas melalui skema digital subscription. Dan terakhir, pemanfaatan teknologi terkini seperti Artificial Intelligence dalam kegiatan jurnalistik seperti pembuatan konten berita dan penerjemahan berita.

Ketua Umum IJTI, Herik Kurniawan mengatakan, teknologi kecerdasan buatan bisa memberi manfaat dan juga bisa menjadi ancaman.

“Bisa memudahkan juga bisa mengancam, dan jurnalis televisi harus bisa mengantisipasi ancaman tersebut,” katanya.

“Kita akan menyerap banyak ilmu dari narasumber yang kita hadirkan untuk menambah pengetahuan tentang teknologi AI,” katanya menambahkan.

Sementara Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengapresiasi tema yang dipilih IJTI dalam kegiatan Konsolidasi Nasional.

“Teknologi buatan sudah banyak yang digunakan untuk memanipulasi informasi,” katanya.

Tema tersebut menurutnya, menunjukan IJTI sudah semakin maju menyikapi perkembangan jaman.

“ Usia 26 tahun semakin mengukuhkan partisipasinya dalam mewujudkan kemerdekaan pers,” katanya menambahkan.

Editor : Gusti Yennosa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut