get app
inews
Aa Read Next : Ketegasan Ketua DPR Tutup Rapat Paripurna untuk Hormati Waktu Sholat Zuhur Sudah Tepat

Ketua DPR Minta Pemerintah Gerak Cepat Persiapkan Haji Usai Arab Saudi Buka Kuota 1 Juta Jamaah

Jum'at, 15 April 2022 | 19:08 WIB
header img
Ketua DPR RI Puan Maharani meminta pemerintah gerak cepat urus pelaksanaan haji. (foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id -  Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kuota haji untuk 1 juta jamaah. Untuk itu, Ketua DPR Puan Maharani meminta pemerintah bergerak cepat mempersiapkan pelaksanaan Ibadah Haji 2022

Selain harus segera dilakukan karena pemerintah juga perlu memastikan persiapan teknis, sehingga jamaah haji terlayani dengan baik. 

"Dengan dibukanya kuota haji mencapai 1 juta jamaah tahun ini harus disambut dengan baik dan dipersiapkan sebaik mungkin. Pemerintah harus bergerak cepat untuk memaksimalkan diplomasi agar Indonesia bisa mendapatkan kuota maksimal," kata Puan, Jumat (15/4/2022).

Politikus PDIP ini menuturkan, umat muslim di Indonesia sudah lama menanti agar bisa kembali menunaikan ibadah haji. 

Sebab, selama dua tahun berturut-turut Indonesia tak bisa memberangkatkan umat muslim ke Tanah Suci karena ibadah haji digelar terbatas akibat pandemi Covid-19. 

Pada 2020, Arab Saudi hanya membuka 1.000 kuota jemaah haji bagi warganya. Lalu tahun selanjutnya kuota meningkat menjadi 60.000, tapi masih dikhususkan bagi warga Arab Saudi. 

Puan mengatakan, ia sudah meminta Komisi VIII DPR untuk langsung menggelar rapat dengan Menteri Agama guna menindaklanjuti keputusan Arab Saudi tersebut. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut