Logo Network
Network

Puan Maharani: Perempuan Indonesia Harus Melanjutkan Perjuangan RA Kartini 

Wahab Firmansyah
.
Kamis, 21 April 2022 | 15:05 WIB
Puan Maharani: Perempuan Indonesia Harus Melanjutkan Perjuangan RA Kartini 
Ketua DPR RI Puan Maharani.(Foto:Ist)

JAKARTA, iNews.id - Memperingati hari Kartini yang jatuh tepat pada hari ini, Kamis (21/4/2022, Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Kartini bagi seluruh perempuan di Tanah Air. 

Puan berharap makin banyak perempuan Indonesia yang meneruskan perjuangan Raden Ajeng Kartini.

Jika dulu Kartini memperjuangkan akses pendidikan yang setara bagi para perempuan, maka para Kartini masa kini harus berjuang dengan lebih baik lagi. 

"Dengan akses pendidikan yang saat ini sudah setara, maka Kartini masa kini tak lagi hanya terbatas menjadi ibu rumah tangga, tapi juga bisa membangun karir menduduki posisi-posisi strategis," kata Puan, Kamis (21/4/2022). 

Hal ini bisa dilihat dari jumlah perempuan yang mengisi kursi DPR. Representasi perempuan di Senayan terus meningkat dari waktu ke waktu. 

Jumlah Anggota DPR RI perempuan di periode 2019-2024 mencapai 118 orang, atau mencapai 20,5 persen daritotal 575 anggota terpilih. 

Jumlah itu meningkat dibandingkan periode 2014-2019 lalu, di mana jumlah anggota DPR perempuan yang duduk di Senayan hanya 97 orang. 

"Dengan makin banyaknya perempuan yang duduk di posisi strategis seperti di DPR, maka kebijakan yang diambil juga bisa lebih berpihak pada kaum perempuan," kata Puan, perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR.

Follow Berita iNews Batam di Google News

Halaman : 1 2 3
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.