get app
inews
Aa Read Next : Slogan Bung Karno Penyambung Lidah Rakyat dan Ampera Implementasi Surah Ad Dhuha

Puan Maharani: Perempuan Indonesia Harus Melanjutkan Perjuangan RA Kartini 

Kamis, 21 April 2022 | 15:05 WIB
header img
Ketua DPR RI Puan Maharani.(Foto:Ist)

Puan menceritakan, kakeknya itu mengenal Sarinah sejak umur 6 tahun. Saat itu Soekarno kecil baru pindah dari Surabaya ke Mojokerto bersama orang tuanya. 

Di sana lah, orang tua Soekarno bertemu Sarinah, seorang gadis yang kemudian menjadi asisten keluarga mereka. Namun, Sarinah bukan pelayan dalam pengertian barat, melainkan sudah dianggap seperti keluarga. 

Soekarno pun akhirnya menjadi sangat dekat dengan sosok Sarinah. Jika Sarinah sedang memasak di dapur, Soekarno akan duduk di sebelahnya untuk menemani.

Saat itu lah Sarinah memberi banyak pesan dan petuah yang kemudian menjadi pelajaran berharga bagi perjalanan hidup Soekarno. Melalui bukunya yang berjudul "Sarinah, Kewajiban Wanita dalam Perjuangan Republik Indonesia" Soekarno menjelaskan arti Sarinah bagi dirinya.

 "Pengasuh saya bernama Sarinah, ia mbok saya. Ia membantu ibu saya, dan dari dia saya menerima banyak rasa cinta dan rasa kasih. Dari dia saya banyak mendapatkan pelajaran mencintai orang kecil. Dia sendiri pun orang kecil, tetapi budinya selalu besar," tulis Soekarno. 
 
 Belakangan, Soekarno pun mengabadikan nama Sarinah ke gedung pencakar langit pertama di Indonesia, yang kini dikenal dengan nama Mal Sarinah.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut