Kisah SBY Batal Diberangkatkan ke Medan Perang Diremehkan karena Kulitnya Bersih

Sucipto
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah diremehkan saat masih berpangkat mayor, diragukan untuk dikirim ke medan perang.(Foto:Instagram SBY)

Seketika, muncul keraguan di benak Wismoyo saat melihat sosok Danyon Mayor Inf Susilo Bambang Yudhoyono yang berbeda dengan komandan-komandan tempur lainnya. 

“Komandan Batalyon kok kulitnya bersih begini?” ujar Wismoyo sambil menatap tajam Danyon Mayor Inf Susilo Bambang Yudhoyono.

Untuk mengetahui kemampuan kepemimpinan SBY, Wismoyo kemudian menunda keberangkatan SBY dan pasukannya ke Timor Timur. 

SBY kemudian diminta untuk melatih para Bintara di Kodam Udayana.  Hal itu tentu membuat SBY terkejut karena tugas itu diberikan sangat mendadak. 

Apalagi menantu dari Komandan Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) Kolonel Inf Sarwo Edhie Wibowo ini sudah diperintahkan harus segera ke Dili, Timor Timur. 

Tanpa bisa menolak, SBY kemudian memenuhi tugas dadakan tersebut dengan baik. Dua minggu kemudian, akhirnya kabar menggembirakan itu datang. 

SBY diperintahkan segera terbang ke Dili untuk memperkuat dan membantu TNI dalam operasi di Timor Timur. Wismoyo melihat SBY pantas memimpin batalyon di medan tempur menumpas kelompok bersenjata Fretilin. 

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network