get app
inews
Aa Read Next : Kurang Minum Air Putih, Waspadai 9 Penyakit Ini

Bocah 12 Tahun Ini Alami Gagal Ginjal Hingga Harus Cuci Darah 2 Kali Seminggu

Rabu, 24 Januari 2024 | 16:15 WIB
header img
Gagal ginjal dan harus cuci darah akibat  kurang mengonsumsi air putih dialami oleah seorang anak berusia 12 tahun. Foto: Ilustrasi

JAKARTA, iNewsBatam.id - Gagal ginjal dan harus cuci darah akibat  kurang mengonsumsi air putih dialami oleah seorang anak berusia 12 tahun. 

Seperti diketahui, mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup menjadi sangat penting karena 60-70% tubuh manusia terdiri dari air.

Namun, apa jadinya jika ada orang yang jarang bahkan tidak suka minum air putih? Berbagai masalah kesehatan tentu akan mengancam. 

Seperti yang dialami oleh seorang bocah perempuan bernama Deska Aristia yang kisahnya belakangan viral di jagat maya karena gagal ginjal yang dideritanya. 

Bahkan, bocah berusia 12 tahun itu kini harus bolak-balik dari rumahnya di kawasan Cikarang ke Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta untuk melakukan cuci darah. 

Kisahnya dibagikan oleh akun TikTok @hady_addoa. Dalam video yang dibagikan akun tersebut, Deska dan sang ibu baru saja tiba di RSCM untuk melakukan cuci darah sesuai agenda. 

Di momen tersebut, sang ibu lantas bercerita awal mula sang anak bisa divonis gagal ginjal. Ia menyebut, Deska awalnya mengalami gejala berupa sulit buang air kecil selama 3 hari. 

Lalu, seluruh area badan Deska mendadak mengalami pembengkakan. Sang ibu lantas berinisiatif memeriksakannya ke rumah sakit. 

Usut punya usut, Deska divonis menderita gagal ginjal akibat kebiasaan mengonsumsi minum-minuman serbuk dan berwarna, dan justru jarang minum air putih. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut