get app
inews
Aa Read Next : Hidup Kaya Raya, Karier Lancar Gaji Tinggi, Proyek Gol Terus tapi Jarang Sholat, Waspadai Istidraj

5 Jenis Kurma untuk Buka Puasa Ramadhan, Mana yang Terbaik? 

Jum'at, 01 Maret 2024 | 13:39 WIB
header img
Para ulama menyarankan berbuka puasa diawali dengan kurma seperti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah sebentar lagi tiba. Ketika Ramadan tiba, umat muslim akan segera berburu kurma untuk berbuka puasa. 

Sebagaimana yang diketahui, para ulama menyarankan berbuka puasa diawali dengan kurma seperti apa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.  Hal ini tertuang dalam hadist riwayat Abu Dawud. 

"Nabi shollallahu 'alaihi wasallam biasa berbuka puasa sebelum sholat dengan ruthab (kurma basah). Jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamar (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air," HR Abu Dawud 2356.

Buah kurma ini bukan hanya lezat karena rasanya yang manis, tetapi juga memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Mengutip dari Tasting Table, buah kurma ini kaya akan potasium, magnesium, tembaga, mangan, dan zat besi. Karena rasa manis alaminya, kurma digunakan dalam berbagai resep. 

Namun, ada banyak sekali jenis kurma yang ada di dunia. Kira-kira kurma jenis apa yang paling baik? Mengutip dari Tasting Table, berikut ini ada 5 jenis kurma beserta penjelasannya. 

1. Kurma Ajwa 

Kurma ajwa merupakan salah satu varietas buah kurma yang sangat populer di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Kurma ajwa berasal dari Madinah di Arab Saudi. Kurma ajwa memiliki warna yang lebih gelap, tepatnya warnanya kehitaman dan bulat. Selain itu, kurma Ajwa memiliki teksturnya padat. Ketika digigit, kurma ini memiliki rasa manis sayang bisa memanjakan lidah Anda kala berbuka puasa. 

Di samping cita rasanya yang lezat,  kurma ajwa kaya akan potasium dan serat. Kurma iin juga mengandung folat dan riboflavin dan dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes.

2. Kurma Mazafati

Kurma Mazafati merupakan kurma yang berasal dari Iran. Kurma ini termasuk dalam kategori kurma basah karena memiliki kadar air yang tinggi yang merupakan salah satu indikator kualitas kurma Mazafati. 

Kurma Mazafati biasanya berwarna hitam dan memiliki kulit tipis sehingga mudah dihilangkan. Rasanya sangat manis membuat kurma ini dapat digunakan sebagai pengganti gula. 

Keunggulan kurma mazafati dibandingkan dengan kurma jenis lainnya yakni mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan jenis kurma lainnya. Dengan demikian kurma ini dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. 

Selain zat besi, kurma Mazafati mengandung fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium serta bermanfaat untuk mengembangkan sistem saraf dan menurunkan kolesterol. Adapun kandungan kalsium, magnesium, potasium, dan vitamin, seperti A, B kompleks, dan C.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut