get app
inews
Aa Read Next : Suasana Batin Para Sahabat Nabi Muhammad SAW Jelang Ramadhan Berakhir, Rasulullah Sampaikan Hal Ini

Begini Etika Syari Menyambut Bulan Suci Ramadhan 

Sabtu, 02 Maret 2024 | 13:22 WIB
header img
Bulan Ramadhan adalah kesempatan luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya yang beriman. (Foto: Ist)

BATAM, iNewsBatam.id-  Bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah sebentar lagi akan tiba. Lantas bagaimana etika syari menyambut kehadiran bulan penuh keberkahan, Ramadhan 2024.  

Syaikh Shalih Al-Fauzan حفظه الله bertutur :

وقد قارب حلوله عليكم ضيفا مباركا ووافدا كريما فاستقبلوه بالغبطة والسرور

"Sungguh telah dekat kepada kalian kedatangan tamu yang berbarokah dan utusan yang mulia ini (bulan Ramadhan), maka sambutlah dia dengan kebahagiaan dan suka cita." (Al-Mimbariyah : 1/58 )

Tak terasa, bulan Ramadhan nan mubarak tinggal menghitung hari. Sebagai seorang muslim, tentunya hal ini merupakan berita gembira yang dinanti-nantikan. Sebagaimana dahulu para Salafush Shalih senantiasa menanti dan berdoa agar dipertemukan dengan bulan mulia ini. 

Syaikh Shalih Al-Fauzan حفظه الله menyebutkan :
"(Salafush Shalih), sebagaimana yang tercantum didalam berbagai kitab yang diriwayatkan dengan sanad yang terpercaya, bahwa sebelum Ramadhan tiba, mereka memohon kepada Allah Azza wa Jalla agar dapat sampai dibulan Ramadhan, mereka memohon hal tersebut karena mereka mengetahui kebaikan yang agung dan manfaat yang luas yang ada pada bulan Ramadhan.

Kemudian, apabila Ramadhan telah masuk, mereka memohon pertolongan agar dapat mengerjakan amalan shalih dibulan tersebut, dan jika Ramadhan telah berlalu, mereka memohon kepada Allah agar ibadah dan amalan sholih mereka diterima". 

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut