get app
inews
Aa Read Next : Buka Puasa Minum Air Dingin atau Air Hangat, Mana yang Lebih Baik?

Hidup Kaya Raya, Karier Lancar Gaji Tinggi, Proyek Gol Terus tapi Jarang Sholat, Waspadai Istidraj

Rabu, 27 Maret 2024 | 14:10 WIB
header img
Istidraj, apakah Anda sudah mengetahui hal ini? Foto: Ilustrasi/IDX

BATAM, iNewsBatam.id - Istidraj, apakah Anda sudah mengetahui hal ini? Secara situasi dan kondisi dapat dijelaskan sebagai berikut. 

Seseorang begitu kaya dengan harta berlimpah. Bisnis selalu lancar dan setiap proyek selalu gol. Sementara di situasi lain karier lancar terus dan berimbas pada gaji yang besar. Apa saja yang diusahkan selalu berhasil, termasuk meraih kekuasaan.

Begitulah capaiannya luar biasa dahsyat. Padahal dia jauh dari ibadah, meninggalkan sholat, mengabaikan puasa Ramadhan, haji serta ibadah lainnya. Begitu pula dia abaikan berdoa memohon kemudahan kepada Allah Ta'ala. Maka inilah yang dimaksud Istidraj   

Istidraj mencerminkan pemberian kemudahan yang berkesinambungan dari Allah, namun hambaNya tersebut mengabaikan perintah agama.

Allah mengizinkan mereka merasakan kebahagiaan dalam kehidupan dunia sementara, namun pada akhirnya, mereka  merasa aman dari ancaman Allah di akhirat. Padahal, Allah tidak memperhatikan mereka karena terus melalaikan perintah dan larangan-Nya.

Ini adalah makna istidraj sebagaimana yang dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, "Jika kamu melihat Allah memberikan harta dunia kepada seorang hamba sesuai keinginannya, padahal dia terus melakukan kemaksiatan kepada-Nya, maka ketahuilah bahwa hal itu adalah istidraj (perangkap) dari Allah."

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut