get app
inews
Aa Read Next : Makan Siomai Saat Arisan RT, Puluhan Warga ini Mengalami Keracunan

Ibu dan Anak Tewas usai Makan Ikan Buntal Goreng, Ini Racun yang ada di Tubuh Ikan Buntal

Kamis, 07 Maret 2024 | 15:54 WIB
header img
Ilustrasi ikan buntal. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsBatam.id - Peristiwa keracunan yang menimpa seorang ibu beserta dua anaknya di Maluku setelah mengonsumsi ikan buntal telah menjadi viral di media sosial.

Tentu saja, ikan buntal memang memiliki racun. Ikan ini dikenal berbahaya untuk dikonsumsi karena mengandung tetrodotoxin (TTX), sebuah racun mematikan yang berasal dari makanannya. TTX tersebut terakumulasi di hati, gonad, kulit, dan usus ikan buntal.

TTX mengikat sel saraf korban, menghalangi sinyal dan akhirnya menyebabkan kelumpuhan yang berujung pada kematian. Namun, ikan buntal sendiri tidak mati karena racunnya, karena mereka memiliki mutasi genetik yang mencegah TTX untuk mengunci saraf mereka.

Fenomena resistensi terhadap TTX ini sudah berkembang berulang kali pada berbagai spesies ikan buntal. Hewan lain seperti ular dan kodok juga telah mengembangkan resistensi terhadap TTX melalui mutasi genetik yang sama.

Kekebalan terhadap TTX memberikan ikan buntal keuntungan evolusioner. Karena keberadaan racun, predator belajar untuk menghindari ikan tersebut, sehingga ikan buntal dapat memperluas pola makan mereka.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut