get app
inews
Aa Read Next : Brooklyn Mualaf Cantik Asal AS Tak Kuasa Menahan Tangis saat Ibunya Menjadi Muslimah Juga

Benarkah Pakaian Hitam Jadi Warna Syari untuk Muslimah, Simak Penjelasannya

Jum'at, 08 Maret 2024 | 16:00 WIB
header img
Banyak anggapan bahwa pakaian warna hitam adalah satu-satunya pilihan bagi kaum Muslimah atau warna syari. Apakah anggapan ini benar? Foto: Freepik

BATAM, iNewsBatam.id -  Banyak anggapan bahwa pakaian warna hitam adalah satu-satunya pilihan bagi kaum Muslimah atau warna syari. Apakah anggapan ini benar? Mari kita simak penjelasannya.

Benarkah ada perintah mengenai warna pakaian? Tidak ada dalil yang secara eksplisit memerintahkan kaum Muslimah untuk memakai pakaian berwarna hitam. Baik dari Allah SWT dalam Alqauran maupun dari Rasulullah SAW dalam hadis.

Sebenarnya, warna pakaian wanita tidak memiliki standar baku dalam Islam. Hal ini tergantung pada kebiasaan di negeri masing-masing.

Contohnya di Indonesia, jilbab putih sudah menjadi kebiasaan dan dianggap sebagai pakaian muslimah yang wajar.
Di negara Arab, jilbab hitam lebih umum digunakan. Yang terpenting adalah pakaian tidak transparan dan menutupi aurat dengan sempurna. Lalu, tidak menimbulkan fitnah atau godaan bagi lawan jenis.

Ulama senior di Kerajaan Saudi Arabia dan anggota Hay-ah Kibaril Ulama’ ditanya mengenai jilbab berwarna. Beliau menjawab:

"Jika jilbab berwarna-warni menutupi wajah dan telapak tangan, tetapi menimbulkan fitnah atau godaan, maka tidak dibolehkan. Jika jilbab berwarna selain hitam (seperti putih, hijau, merah) dan sudah menjadi kebiasaan di negeri tersebut, maka tidak mengapa".

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut