get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Membayar Zakat Fitrah kepada Kerabat atau Keluarga yang Tidak Mampu

8 Golongan yang Berhak Menerima Zakat

Selasa, 19 Maret 2024 | 10:52 WIB
header img
Ilustrasi membayar zakat fitrah

BATAM, iNewsBatam.id - Zakat fitrah merupakan salah satu ibadah dalam Islam. Terdapat ketentuan yang harus dipenuhi ketika membayar zakat, yakni syarat wajib dan syarat sah.

Selain itu, perlu juga diketahui 8 golongan yang berhak menerima zakat fitrah berikut ini. Zakat termasuk Rukun Islam dan wajib hukumnya bagi Muslim yang mampu. 

Dihimpun dari Rumaysho.com, zakat fitrah wajib dibayarkan pada bulan Ramadhan, sebelum pelaksanaan Sholat Idul Fitri. Pelaksanaan zakat mampu memberikan manfaat bagi banyak orang. Ini sesuai tercantum dalam kitab suci Alquran, Surat At-Taubah Ayat 103

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ

Artinya: "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat tersebut engkau membersihkan dan menyucikan mereka." (Quran Surat At-Taubah Ayat 103)

Sementara itu dalam surah At-Taubah ayat 60 Alllah menjelaskan bahwa ada 8 golongan orang yang berhak menerima zakat.

اِنَّمَا الصَّدَقٰتُ لِلْفُقَرَاۤءِ وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْعٰمِلِيْنَ عَلَيْهَا وَالْمُؤَلَّفَةِ قُلُوْبُهُمْ وَفِى الرِّقَابِ وَالْغٰرِمِيْنَ وَفِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ وَابْنِ السَّبِيْلِۗ فَرِيْضَةً مِّنَ اللّٰهِ ۗوَاللّٰهُ عَلِيْمٌ حَكِيْمٌ

Artinya: "Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, para amil zakat, orang-orang yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk (memerdekakan) para hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang-orang yang berutang, untuk jalan Allah dan untuk orang-orang yang sedang dalam perjalanan (yang memerlukan pertolongan), sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana." (QS At-Taubah: 60).

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut