get app
inews
Aa Read Next : Waspada!, 5 Penyakit Ini Sering Muncul Usai Lebaran

Barat Badan Naik usai Lebaran? Lakukan 5 Olahraga Ini

Sabtu, 13 April 2024 | 11:49 WIB
header img
Barat Badan Naik usai Lebaran? Lakukan 5 Olahraga Ini. (Foto: ilustrasi)

BATAM, iNewsBatam.id - Saat lebaran berbagai cemilan dan kuliner sangat menggoda. jika tidak dibatasi tentu berdampak kepada tubuh.

Kalap dalam mengonsumsi makanan khas Lebaran memang bisa membuat berat badan naik drastis. Terlebih jika Anda banyak mengkonsumsi karbohidrat dan gula.

Namun apa daya, berbagai makanan khas Lebaran tampak begitu nikmat dan sulit untuk ditolak. Alhasil Anda menjadi mudah tergoda untuk menyantapnya terus.  

Jangan kaget kalau usai Lebaran berat badan Anda bisa naik. Apalagi jika Anda tidak memperhatikan porsi makan dan rutin berolahraga setiap harinya.  

Bagi Anda yang ingin  membakar kalori berlebih setelah Lebaran, ini beberapa olahraga yang bisa dilakukan.

Dilansir dari Today, Kamis (11/4/2024), berikut 4 olah raga yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi berat badan usai Lebaran.

1. Berlari 

Berlari selama 30 menit dengan kecepatan 10-12 mph bisa membakar sekitar 330 kalori lho. Tak cuma membantu membakar kalori, berlari juga bisa bermanfaat baik untuk kesehatan mental. 

Semakin tinggi kecepatan Anda, maka akan semakin banyak kalori yang terbakar. Namun tetap disesuaikan dengan kemampuan tubuh agar tidak mudah cedera.  

2. Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu olehraga yang bagus untuk membakar kalori, selain itu bisa untuk menjaga kebugaran tubuh. 

Jika Anda ingin berolahraga di dalam ruangan, Anda bisa coba sepeda statis. Bersepeda statis selama 30 menit dengan kecepatan sedang hingga intens bisa membakar 250-380 kalori. 

Olahraga ini membantu mengeluarkan banyak keringat dan membuat tubuh bugar.

3. Senam 

Ketika Anda senam, seluruh bagian tubuh Anda akan bergerak. Ternyata jika Anda senam 30 menit, maka kalori yang terbakar akan sebanyak 272 kalori lho. 

Selain membakar kalori, senam juga bisa membuat badan lebih lentur dan membentuk otot-otot tubuh. Untuk hasil yang maksimal, setidaknya Anda rutinkan untuk senam dua kali seminggu. 

4. Lompat tali 

Lompat tali selama 30 menit dengan kecepatan sedang hingga cepat bisa membakar sekitar 375 kalori. 

Olahraga ini membantu Anda menghilangkan lemak, membentuk otot, serta meningkatkan keterampilan motorik dan ketangkasan. 

Untuk pemula, Anda bisa coba untuk melakukannya dengan durasi 15 menit.

5. Jalan cepat

Jalan cepat berbeda dengan berjalan biasa.  Olahraga ini lebih menekankan tumpuan pada kaki dan paha, sehingga semakin cepat langkah yang diambil maka semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Jika Anda jalan cepat selama 30 menit maka kalori yang terbakar sebanyak 306 kalori lho. 

Nah itulah 5 olahraga yang bisa anda lakukan agar berat badan tidak bertambah usai lebaran. Selamat mencoba.

 

Sumber: iNews.id

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut