Batam Darurat Anak, Kasus Perlindungan Anak Meningkat Drastis

Gusti Yennosa
Ilustrasi Kekerasan Terhadap Anak. (Foto : Ilustrasi)

Batam, iNewsBatam.id - Miris, tindak kriminal atau kasus perlindungan terhadap anak sepanjang tahun 2023 semakin meningkat dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Kejaksaan Negeri Batam, I Ketut Kasna Dedi dalam rilis capaian kinerja Kejaksaan Negeri Batam tahun 2023.

Ia menyebut, kasus yang banyak ditangani yakni kasus perlindungan anak sebanyak 133 kasus dan pencurian 246 kasus.

“Untuk tahun 2022 kasus perlindungan anak sebanyak 77 kasus, tahun ini meningkat menjadi 133 kasus. Sedangkan kasus pencurian, menurun dari 265 kasus menjadi 246 kasus," jelasnya.

Kasna menjelaskan, tahun 2023 ini tercatat beberapa perkara yang telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah dan semua telah diproses.

“Sementara itu untuk perkara yang ditangani narkotika 75 kasus, penipuan dan penggelapan 74 kasus penipuan 72, penganiayaan 68 dan PMI 65,” katanya lagi.

Kasus pengeroyokan atau penganiayaan yang ditangani Kejari Batam tahun ini sebanyak 28 kasus. Kekerasan rumah tangga 17 kasus, tindak pidana perdagangan orang 17 dan perjudian 16 kasus. Pemalsuan surat 14 kasus dan asal usul perkawinan 13 hingga melakukan kekerasan bersama di muka umum atau pengeroyokan 13 kasus.

“Untuk 2023 yang paling menonjol tahun ini perlindungan anak. Sedangkan penadah, penerbitan dan percetakan 11, kejahatan terhadap keamanan negara 10 kasus. Tindak pidana senjata api  dan amunisi serta bahan peledak 9 kasus dan tindak pidana informasi transaksi elektronik 8 kasus hingga perusakan hutan 7 kasus,” bebernya.

Editor : Johan Utoyo

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network