10 Cara Sambut Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah

Vitrianda Hilba Siregar
Bulan Ramadhan 2024 sebentar lagi akan tiba. Foto: Dok

BATAM, iNewsBatam.id - Bulan Ramadhan 2024 sebentar lagi akan tiba. Menyambutnya dengan gembira penuh suka cita menjadi pintu pembuka menjalani Ramadhan 1445 Hijriah dengan penuh khidmat.

Lantas bagaimana cara menyambut bulan Ramadhan yang penuh ampunan dan keberkahan dari Allah Ta'ala. Berikut ini beberapa cara menyambut bulan suci Ramadhan  

1. Doa dan Harapan

Mari kita berdoa bersama agar Allah SWT memberikan kesempatan kepada kita untuk berjumpa dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat walafiat. Sehingga kita dapat bersemangat dalam beribadah kepada-Nya, baik berpuasa, melakukan shalat malam, maupun berdzikir.

2. Rasa Syukur

Kedatangan bulan Ramadhan merupakan salah satu nikmat terbesar dari Allah SWT kepada hamba-Nya. Hanya dengan seorang muslim berjumpa dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat, itu saja sudah nikmat yang besar, yang patut disyukuri.

3. Kegembiraan dan Kebahagiaan

Rasulullah SAW selalu memberi kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadhan. Beliau bersabda, "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan puasa pada bulan itu untukmu. Di bulan ini pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup..." (Hadist Riwayat Ahmad).

4. Perencanaan dan Persiapan

Sangat disayangkan, banyak orang yang merencanakan segala sesuatunya dengan detail dalam hal urusan dunia, tetapi sedikit dari mereka yang merencanakan hal-hal untuk kehidupan akhirat.

Mari kita susun program praktis untuk memanfaatkan hari-hari dan malam-malam Ramadhan dalam ketaatan kepada Allah Ta'ala. Kita bisa membuat jadwal kegiatan ibadah, seperti:

A. Sholat Tarawih dan Witir
B. Tadarus AlQuran
C. Kajian dan Ceramah Agama
D. Sedekah dan Amal Sholeh Lainnya


Sejumlah santri melakukan pawai menyambut datangnya Bulan Ramadhan yang penuh berkah. (Foto: Antara)


Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network