Beli Tiket Kapal di Pelabuhan Punggur Bisa Online, Bentuk Kerjasama MKP dan Mandiri

Gusti Yennosa
Peresmian tiketkapal.com di Pelabuhan Punggur Batam.

Batam, iNewaBatam - Bagi para pengguna jasa transportasi laut yang hendak mudik atau berpergian melalui Pelabuhan Telaga Punggur, Kabil, Batam, sekarang sudah bisa membeli tiket kapal secara online.

Dimana, PT Mitra Kasih Perkasa bersama Bank Mandiri meluncurkan sistem pembelian tiket kapal secara online di tiketkapal.com dan self kios pelabuhan penumpang pertama di Indonesia.

Peresmian sistem tersebut dilakukan secara langsung oleh Walikota sekaligus Kepala Badan Pengusaha Batam, H Muhammad Rudi

Inovasi sistem pembelian tiket yang dilakukan oleh BP Batam dan MKP ini tentunya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan adanya sistem e-ticketing Self Kiosk dan tiketkapal.com seperti ini, para penumpang dapat memperoleh tiket di mana saja dan kapan saja untuk melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Domestik Punggur dan Pelabuhan Sekupang," ujar Rudi.

Muhammad Rudi menuturkan, dengan kehadiran sistem e-ticketing Self Kiosk dan tiketkapal.com harus berbangga menjadi Anak Bangsa Indonesia, karya perusahaan lokal MKP dan Bank Mandiri mampu menciptakan sistem pembelian tiket online dan onsite, mewujudkan kota Batam yang modern dan maju dalam sektor transportasi. 

“ Dengan adanya sistem e-ticketing, diharapkan akan terjadi peningkatan efisiensi, pengurangan birokrasi, dan penghematan waktu bagi para
pengguna jasa pelabuhan,” tambahnya.

Sementara itu, Nicholas Anggada, CEO & co-Founder MKP mengungkapkan dengan traffic intelligence system yang diciptakan dan dikembangkan MKP mampu menjawab segala kebutuhan moda transportasi pelabuhan khususnya di Kepulauan Riau.

 “Dalam kurun waktu tiga bulan saja, MKP fasilitasi terwujudnya visi BP Batam dengan pembelian tiket di mana saja dan kapan saja secara online melalui tiketkapal.com dan secara onsite melalui Self Kiosk MKP pertama dan satu-satunya bagi pelabuhan penumpang yang telah terintegrasi dengan cashless payment QRIS dari Bank Mandiri,” katanya.

Nicholas menyebutkan, dengan mendownload aplikasi, tiketkapal.com dapat menjadi satu solusi untuk semua kebutuhan pembelian tiket kapal, khususnya di area Kepulauan Riau yaitu Batam danTanjungpinang. 

“Mulai dari manifest data hingga transaksi secara non tunai, penumpang bisa langsung dapat nomor kursi dan boarding pass,” tambahnya.

Nicholas menuturkan, kedepannya tiketkapal.com akan berintegrasi dengan Livin’ by Mandiri sehingga pembelian tiket ferry penumpang domestik dan internasional di Kepulauan Riau ini dapat dibeli di fitur Livin Sukha di aplikasi di Fitur Livin by Mandiri Livin Sukha menjadi salah satu fitur pada Livin’ by Mandiri yang memfasilitasi pembelian dan
pemesanan di berbagai merchant unggulan Indonesia. 

“Sampai saat ini Livin Sukha telah diunduh lebih dari 22 juta pengguna di Google Play maupun App Store. Livin’ by Mandiri sebagai Super App dirancang menjadi aplikasi keuangan digital terdepan untuk memberikan pengalaman pengguna yang seamless dalam mengelola keuangan pribadi dan akses ke berbagai layanan
daily banking,” pungkasnya

Sementara itu , Vice President Bank Mandiri Area Batam-Kepri, Antonius Budi Setiawan menyampaikan integrasi tiketkapal.com dan Self Kiosk selaras dengan semangat Bank Mandiri untuk mengembangkan urban locomotive dalam ekosistem masyarakat perkotaan

“Kami akan dorong pembelian tiket ferry domestik dan internasional dapat dilakukan di Livin’ Sukha,” ujarnya 

Antonius menambahkan, MKP dan Bank Mandiri sebagai mitra perbankan sejak November 2023, telah melakukan sinergi untuk menghasilkan sebuah sistem pembelian tiket kapal yang cepat, mudah, aman, dan
nyaman. 

“Hal ini berkaitan dengan keunggulan pembelian tiket kapal melalui tiketkapal.com,dimana setiap konsumen akan secara otomatis mendapatkan nomor kursi. Terlebih lagi seluruh transaksi pembelian tiket kapal dipastikan transparansi bagi Penerimaan Pajak Bukan Negara
(PNPB),” sebut Antonius.

Selain memberikan kemudahan tentunya pembelian tiket kapal melalui tiketkapal.com atau self kiosk juga memberikan perlindungan keamanan bagi pembeli.

Hal ini dikarenakan tiket kapal yang dibeli sudah memperoleh asuransi dari Jasa Raharja.

“Penumpang akan merasa lebih aman
dan terlindungi selama melakukan perjalanan dengan data penumpang akan tercatat dengan
jelas sesuai manifesting data yang telah dimiliki,” ungkap Kepala PT Jasa Raharja Cabang
Kepulauan Riau, Wanda P. Asmoro.

Kehadiran sistem tiketkapal.com diharapkan mempermudah masyarakat dalam melakukan
pembelian tiket, serta mendorong perkembangan pelabuhan menjadi modern, efisien, dan handal.(*)

 

Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network