Proyek Masjid Agung Batam Hampir Kelar, Pekan Depan Diresmikan

Dicky Sigit Rakasiwi
Tampilan Masjid Agung Batam yang direvitalisasi dan segera diresmikan penggunaannya. (Foto: Dicky/iNewsBatam.id)

BATAM, iNewsBatam.id - Proses pengerjaan Masjid Agung Batam, Kepulauan Riau kini telah memasuki penyelesaian tahap akhir. Rencananya, masjid yang merupakan salah satu ikon kota Batam ini akan diresmikan pada pekan depan.

Saat ini, pekerja sedang melakukan pengecatan pada gerbang dan pintu utama Masjid Agung Batam. Menurut Ketua PPTK Masjid Agung Batam, Rahmad, peresmian direncanakan akan dilaksanakan pada minggu kedua hingga akhir Agustus 2024, menyesuaikan jadwal Wali Kota Batam.

"Insha Allah, akan diresmikan bulan ini sesuai dengan jadwal wali kota. Kami saat ini sedang dalam tahap finishing," kata Rahmad pada Selasa (6/8/2024).

Proyek revitalisasi Masjid Agung Batam menelan anggaran sekitar Rp 170 miliar dengan sistem pengerjaan multi years. Masjid ini akan dihiasi dengan ornamen Melayu dan didominasi oleh warna biru cerah.

Ini merupakan masjid ketiga yang dibangun oleh Pemko Batam dalam beberapa tahun terakhir, setelah Masjid Tanwirun atau yang lebih dikenal dengan Masjid Tanjak di kawasan Bandara Internasional Hang Nadim Batam, serta Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjung Uncang.

Masjid Agung Batam diperkirakan dapat menampung hingga 1.780 jemaah di bagian inti masjid, sementara total kapasitas area sekitar masjid bisa mencapai 14.500 orang. Fasilitas parkir masjid dapat menampung 248 mobil dan 305 sepeda motor, yang terbagi dalam dua basement.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Kota Batam, Ardiwinata, mengatakan bahwa selesainya revitalisasi Masjid Agung Batam akan menambah destinasi wisata, khususnya wisata religi di Kota Batam.

"Dengan selesainya Masjid Agung ini, kita akan memiliki tambahan destinasi wisata di Batam," ucapnya.



Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network