get app
inews
Aa Read Next : Ditangkap di Pekan Baru! Pelaku Pembakaran Mobil di Batam Mengaku Siapkan 10 Botol Bensin

Berlibur ke Batam, 6 Kuliner Khas ini Bisa Jadi Oleh-oleh

Selasa, 26 Desember 2023 | 11:52 WIB
header img
Kuliner Khas Batam, Gonggong (Foto: Catatan Kaki)

BATAM, iNewsBatam.id - Batam adalah kota terbesar di provinsi Kepulauan Riau, Kota ini merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK) dan berada di jalur pelayaran internasional karena memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. 

Selain itu, Batam juga memiliki berbagai tempat wisata dan spot kuliner ciamik. Hal inilah yang membuat kota tersebut menjadi salah satu pilihan tempat berlibut baik daerah sekitar maupun mancanegara. 

Jika anda Berlibur kesini ada beberapa rekomendasi kuliner yang bisa menjadi oleh-oleh saat pulang nantinya.

Berikut 6 oleh-oleh khas Batam:

1. Gonggong

Gonggong merupakan nama dari makhluk hidup atau biota laut yang hidup di Kepulauan Riau. Sekilas bentuknya menyerupai keong, dan merupakan jenis siput laut dengan ukuran sedang dan panjang sekitar 7 cm.

Ada 4 jenis gonggong yang biasa dikonsumsi yaitu, gonggong ayam, gonggong putih cangkang tipis, gonggong putih cangkang tebal, dan gonggong merah cangkang tebal.

Cara mengolah gonggong yakni hanya dengan cara merebusnya. Tekstur dagingnya kenyal, namun kakinya disarankan untuk tidak dimakan karena cukup tajam dan bergerigi khawatir akan melukai mulut Anda.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut