get app
inews
Aa Read Next : Warga Sagulung Sebut Puluhan Ekor Buaya Masih Berkeliaran di Sungai Setempat

Warga Sagulung Resah, Buaya Besar Kerap Muncul Dekat Pemukiman

Rabu, 17 April 2024 | 10:47 WIB
header img
Ilustrasi kemunculan buaya dekat pemukiman warga. (Foto: iNews)

BATAM, iNewsBatam - Warga Kelurahan Sei Langkai, Sagulung diresahkan dengan kemunculan buaya yang berukuran cukup besar beberapa pekan terakhir. Hal tersebut dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan, terutama anak-anak yang kerap bermain di sekitar sungai.

Kemunculan reptil buas itu dibenarkan Kapolsek Sagulung Iptu Donald Tambunan. Menurut keterangan pihak RT/RW, diperkirakan ada sekitar 3 ekor buaya berukuran besar kerap terlihat muncul di aliran sungai kawasan setempat.

"Dari keterang RW dan RT ada 3 ekor, ukurannya cukup besar," ujarnya Rabu (17/4/2024).

Kemunculan buaya ini menjadi perhatian serius. Saat ini pihak kepolisian, BKSDA dan instansi terkait tengah melakukan penanganan untuk mengantisipasi agar tidak menimbulkan ancaman bagi masyarakat sekitar.

"Kemarin kita dari Polsek Sagulung bersama dengan Tim SAR Brimob, pemerintah kecamatan dan BKSDA sudah melakukan pemantauan di sekitar lokasi. Hari ini rencananya akan diadakan rapat untuk langkah penanganan lebih lanjut," katanya lagi.

Pihaknya mengimbau masyarat untuk waspada dan tidak mendekati bibir sungai untuk sementara waktu ini. Tidak hanya itu, Kapolsek juga mengingatkan masyarakat agar tidak membuang sisa-sisa makanan yang berbau daging atau darah ke aliran sungai, karena hal itu bisa memancing buaya untuk mendekat.

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat khususnya yang ada di pinggir sungai agar selalu waspada. Jangan buang sisa-sisa daging, katakanlah sisa sampah saat membersihkan ayam, ini bisa memancingnya untuk mendekat" katanya.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk segera melaporkan jika melihat penampakan buaya. "Jika melihat buaya muncul segera beritahu petugas," tutupnya.
 

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut