Situasi Bandara dan Pelabuhan Batam di Tengah Kabar Gangguan Server PDN Kominfo

Pratamayude
Situasi Pelabuhan Ferry Internasional Batam Center terpantau normal di tengah kabar adanya gangguan pada server Pusat Data Nasional, Jumat (21/6/2024)

BATAM, iNewsBatam.id - Server Pusat Data Nasional (PDN) milik Kementerian Kominfo, mendapat serangan siber dan berdampak ke layanan imigrasi di bandara dan pelabuhan seluruh Indonesia.

Di Batam sendiri setelah dikonfirmasi ke layanan imigrasi yang ada di pelabuhan dan bandara, tidak mendapatkan masalah.

"Untuk Bandara Internasional Hang Nadim aman, tidak ada masalah," ujar Dirut PT. BIB Pikri Ilham Kurniansyah selaku pengelola Bandara Internasional Hang Nadim, Jumat (21/6/2024).

Begitu juga untuk pelabuhan internasional di Batam. Salah satu calon penumpang, Cokrominoto yang hendak pergi ke Malaysia, mengaku tidak mendapatkan kendala di Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre.

"Kebetulan saya mau pergi ke Malaysia, tidak ada penumpukkan di sini," kata dia.

Sementara, Kasi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Batam, Kharisma Rukmana belum menjelaskan secara detail apakah layanan imigrasi di Kota Batam terdampak dari insiden tersebut.

Dia hanya menyampaikan rilis yang disampaikan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi.

Dalam rilis yang diterima menjelaskan, layanan keimigrasian pada unit pelaksana teknis (kantor imigrasi, unit layanan paspor, unit kerja keimigrasian) serta tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara danpelabuhan untuk sementara mengalami kendala.

Hal ini merupakan imbas dari gangguan kesisteman pada pusat data nasional (PDN) Kementerian Kominfo yang sedang terjadi pada Kamis (20/06/2024).

“Kami sedang mengupayakan pemulihan aplikasi dan data dengan memanfaatkan data backup PDN di Batam dan kami upayakan agar layanan bisa pulih sesegera mungkin,” ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim dalam keterangan tertulis.

Adapun masyarakat yang berada di bandar udara internasional dan akan melakukan
penerbangan tetap akan dilayani oleh petugas imigrasi. Dirjen Imigrasi mengatakan, meskipun sistem sedang terkendala, Imigrasi tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin agar penumpang tetap berangkat sesuai jadwal pesawat, begitupun pada saat kedatangan.

Untuksementara, penumpang pesawat dianjurkan agar datang lebih awal ke bandara, mengantisipasi proses pemeriksaan yang belum dapat berjalan sebagaimana mestinya.
Sementara itu, masyarakat yang sudah terjadwal datang ke kantor imigrasi hari ini untuk wawancara dan pengambilan data biometrik paspor tetap dilayani seperti biasa. Namun demikian, permohonan percepatan paspor satu hari jadi belum dapat dilayani dan akan segera beroperasi kembali setelah sistem normal.

“Ditjen Imigrasi akan segera menyampaikan kepada masyarakat apabila sistem PDN Kementerian Kominfo sudah kembali normal dan layanan keimigrasian sudah bisa beroperasi sepenuhnya,” tutup Silmy.



Editor : Gusti Yennosa

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network