Cara Instan Menolak Penuaan adalah Operasi Plastik, Dokter Sarankan Jaga Asupan Nutrisi Bergizi

Syifa Fauziah
Ilustrasi operasi plastik. Foto: Shutterstock

JAKARTA, iNewsBatam.idOperasi plastik kini menjadi pilihan populer di kalangan urban untuk melawan penuaan. Banyak orang yang memilih operasi plastik bukan hanya demi kepuasan pribadi, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun, dengan kemajuan teknologi dan ilmu kedokteran estetika saat ini, seseorang yang sudah tua masih bisa terlihat lebih muda, salah satunya dengan operasi plastik.

Di Indonesia, semakin banyak orang yang memilih operasi plastik untuk tujuan estetika, termasuk di kalangan yang masih muda.

"Penampilan prima menjadi salah satu alasan utama orang memilih operasi plastik, selain masalah kesehatan tertentu," ujar Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik dr. Anastasia Dessy, SpBP-RE, saat ditemui di acara Introducing Dermaster Plastic Surgery baru-baru ini.

Karena operasi plastik sudah cukup umum dilakukan, dr. Anastasia mengingatkan agar masyarakat berhati-hati dalam memilih tempat untuk menjalani operasi plastik. Jangan sampai niat untuk tampil sempurna justru menimbulkan masalah baru yang dapat membahayakan keselamatan.

Tindakan Operasi Plastik yang Paling Banyak Dipilih Dr. Anastasia menjelaskan bahwa facelift adalah salah satu tindakan bedah estetik yang banyak diminati. Facelift bertujuan untuk mengangkat kulit berlebih di area wajah yang elastisitasnya sudah menurun.

Menurut dr. Anastasia, facelift yang baik tidak hanya fokus pada penghilangan kelebihan kulit, lemak, dan reposisi otot, tetapi juga memperhatikan kualitas kepadatan, kekenyalan, dan kekencangan kulit.

"Dengan demikian, hasil operasi bisa tahan lama dan maksimal," ujar dr. Anastasia.

Hasilnya akan semakin optimal jika facelift dikombinasikan dengan prosedur minimal invasif, seperti treatment pluryal densify, yang berfungsi merangsang pembentukan kolagen, elastin, dan regenerasi sel kulit.

Sementara itu, operasi plastik di area mata melibatkan kombinasi treatment Pluryal Silk, NCTF, dan Fractional RF, untuk memastikan mata tetap kencang dan tidak mudah turun kembali.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik Sebelum menjalani operasi plastik, penting untuk memahami beberapa hal agar prosedur berjalan lancar dan pemulihan pasca operasi cepat. Ini juga membantu meminimalkan efek samping bedah estetik.

Dokter Spesialis Gizi Dermaster, dr. Christopher Andrian, SpGK, menjelaskan bahwa sebelum operasi plastik, penting untuk menilai status gizi pasien dan memberikan rekomendasi yang sesuai agar tubuh dalam kondisi optimal saat operasi dilakukan.

"Kami biasanya akan mengidentifikasi pantangan, seperti makanan atau suplemen yang dapat meningkatkan risiko perdarahan, seperti pengencer darah atau dosis tinggi Omega 3," ungkap dr. Christopher.

Setelah operasi plastik, dr. Christopher menyarankan pasien untuk mengelola risiko komplikasi dengan memastikan asupan nutrisi yang tepat untuk pemulihan energi dan fungsi tubuh.

"Semua ini bertujuan untuk menjaga hasil operasi dalam jangka panjang dan memastikan hasilnya tetap baik," kata dr. Christopher.

Perlu diingat bahwa operasi plastik adalah tindakan medis yang harus dilakukan di tempat yang tepat, oleh ahli yang berpengalaman, dan di bawah pengawasan dokter.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network