get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024, Polda Kepri Gelar Lomba Menembak

Calon Leader Wajib Tahu, Berikut 10 Contoh Kepemimpinan yang Baik dan Tidak Baik

Kamis, 22 Februari 2024 | 11:21 WIB
header img
Pemimpin adalah orang yang memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan bersama. (Foto: ilustrasi)

JAKARTA, iNewsBatam.id - Pemimpin adalah orang yang memiliki peran penting dalam pencapaian tujuan bersama. Sebagai figur yang mengemban tanggung jawab utama, pemimpin harus memiliki kemampuan untuk memotivasi, menginspirasi, dan membawa kelompoknya melalui tantangan dan perubahan.

Selain itu, pemimpin sering kali menjadi contoh teladan bagi anggota timnya, mendorong budaya kerja yang positif, dan membangun hubungan interpersonal yang kuat.

Seorang pemimpin memiliki peranan penting dalam suatu organisasi, perusahaan, maupun kelompok masyarakat. 

Agar mampu menggerakan anggotanya dan mencapai tujuan organisasi, pemimpin yang baik haruslah memiliki sikap-sikap kepemimpinan. Artinya, ia dituntut dapat memberikan pengaruh kepada pengikut atau anggotanya.  

Bagi kamu yang baru menjadi seorang pemimpin tentu ini menjadi salah satu tantangan. Bukan tanpa sebab, untuk mendapatkan sifat kepemimpinan bukanlah suatu hal yang mudah dan didapatkan hanya dalam waktu semalam.  

Nah, berikut ini iNews.id akan tampilkan sejumlah informasi mengenai contoh kepemimpinan yang baik dan tidak baik yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/2/2024).  

1. Memiliki Visi dan Misi yang Jelas 

Seorang pemimpin haruslah memiliki visi dan misi yang jelas. Sebab, dengan adanya dua hal itu ia akan selalu dituntut dapat menyelesaikan suatu permasalahan di organisasinya. 

Dengan adanya suatu permasalahan. pemimpin akan diuji apakah ia memiliki visi dan misi yang jelas atau tidak. Mulai sekarang, tentukan visi dan misi dalam memimpin, agar anggota dan organisasi dapat berjalan seirama.  

2. Komunikasi Dua Arah 

Komunikasi merupakan komponen penting dalam suatu hubungan, termasuk organisasi. Sebagai pemimpin, ia diharapkan memiliki kemampuan atau skill komunikasi dua arah yang baik, antara dirinya dengan anggota atau pemimpin di atasnya.  

3. Mempengaruhi dan Menginspirasi 

Tak hanya dua hal di atas, seorang pemimpin haruslah dapat mempengaruhi dan menginspirasi anggotanya. Dengan tujuan, rasa semangat dan juang para anggotanya tidak surut meski banyak hambatan menghalangi jalan organisasi.

4. Dapat Beradaptasi

Pemimpin harus memiliki rasa percaya diri saat sendiri. Ia juga diharuskan dapat mengambil keputusan sulit. Karena untuk menyelesaikan suatu perkara rumit, dibutuhkan seorang pemimpin yang dapat mengarahkan ke hal-hal penting.  

5. Manajemen Diri 

Tak hanya mengatur anggota, pemimpin juga harus memiliki kemampuan manajemen diri. Maksudnya, ia diharuskan untuk memahami dirinya, baik secara fisik dan psikis. Serta juga mengerti akan kelebihan dan kelemahannya.  

Editor : Johan Utoyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut