get app
inews
Aa Read Next : Kapal Tongkang Hanyut Hancurkan Kelong Warga di Pulau Buluh Batam

Kisah Aliman, Anak Buruh asal Batu Aji Batam jadi Wisudawan Terbaik UGM  Predikat Cumlade

Selasa, 11 Juni 2024 | 13:27 WIB
header img
Aliman (21), mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Uiversitas Gadjah Mada (UGM) periode III TA 2023/2024. Dia menjadi wisudawan terbaik dengan meraih IPK nyaris sempurna 3,86 dari Program Studi Akuntansi 2020. Foto: UGM

Pada tahun 2022, dia berkesempatan menjalani kerja sambilan di sebuah kantor konsultan pajak hingga saat ini. Pada tahun 2023, dia juga menjadi salah satu penerima beasiswa Bank Indonesia.

Selama perkuliahan, Aliman mencatatkan sederet prestasi, di antaranya: Juara 1 Kompetisi Gerakan Menulis #3 pada Kompetisi Esai UNY (2022), Juara 1 Kompetisi Esai LSCF UII (2022), Juara 1 Kompetisi Esai Universitas Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan (2022), Juara 2 Kompetisi Penulisan Eka Citta UGM (2022), Juara 2 Kompetisi Esai UPI (2022).

Pada tahun 2023, dia meraih Juara 1 Kompetisi Esai Bank Indonesia, Juara 2 Kompetisi Esai Nasional Demokratia UNS, Juara 2 Kompetisi Esai Cendekia Days UGM, dan Top 9 Taxplore Fiscal Policy Competition UI.

Aliman memiliki cerita menarik di akhir masa kuliah. Saat menyelesaikan tugas akhir (skripsi), dia terpaksa meminjam laptop temannya karena miliknya tidak mendukung pengolahan data.

“Saya memiliki laptop, tetapi tidak mendukung pengolahan data dengan software khusus, sehingga harus meminjam laptop teman,” ujarnya.

Dia sempat mengajukan peminjaman laptop ke FEB UGM tetapi persediaan telah habis. Terpaksa dia meminjam laptop teman dan berhasil menyelesaikan skripsi berjudul "Pengaruh Literasi Perpajakan dan Kenaikan Tarif PPN Indonesia Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa dalam Platform Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE)".

Bagi Aliman, wisuda dan meraih gelar sarjana bukanlah akhir, tetapi momentum awal untuk petualangan berikutnya. Keberhasilan ini, menurutnya, adalah bukti usaha keras, semangat pantang menyerah, pengelolaan waktu, dan doa orang tua.

Orang tuanya menanamkan satu nilai yang selalu dipegang hingga kini, yaitu untuk selalu serius dalam mengerjakan segala hal agar mendapatkan hasil maksimal.

“Pesan orang tua itu selalu saya pegang. Apabila sudah berusaha maksimal namun hasilnya tidak sesuai harapan, jangan putus asa karena pasti ada pelajaran yang bisa diambil. Jika berhasil, jangan lekas berpuas diri tetapi tetap rendah hati,” ucapnya.

Sang ibu, A Cin, sangat bahagia putra sulungnya bisa lulus dari UGM. Dia sangat tidak menyangka Aliman bisa kuliah dan lulus dengan baik dengan nilai yang sangat memuaskan.

Dia berharap Aliman bisa menjadi orang yang sukses dan berhasil mewujudkan cita-citanya.

Menurutnya, pencapaian Aliman tidak lepas dari dukungan FEB UGM yang sangat mendukung mahasiswanya untuk mengembangkan potensi diri.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut