Benarkah Pakai Bedak Bayi Mengandung Talc Bisa Bikin Kanker? Ini Faktanya!

Wiwie Heriyani
Ilustrasi bedak bayi mengandung talc. Foto: Ist

Sebagai informasi, pada tahun 2023 sempat ramai diberitakan bahwa bedak bayi Johnson & Johnson terbukti menjadi salah satu penyebab kanker ovarium. Hal ini diketahui setelah penelitian menunjukkan bahwa bedak tersebut terkontaminasi asbes.

Ahli Onkologi Prof. Zubairi Djoerban menyampaikan bahwa penggunaan bedak bayi Johnson & Johnson bisa memicu kanker ovarium karena kontaminasi asbes.

Pakar Kanker dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) tersebut menjelaskan bahwa berdasarkan American Cancer Society, bedak talc bisa menyebabkan kanker jika partikel bedak melewati Miss V, rahim, dan saluran tuba ke ovarium.

Namun, ada perbedaan temuan dalam penelitian mengenai hubungan antara bedak talc dan kanker ovarium. Beberapa penelitian melaporkan sedikit peningkatan risiko, sementara penelitian lain tidak menemukan peningkatan.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan kemungkinan peningkatan risiko kanker ovarium pada kelompok tertentu, seperti perempuan yang masih memiliki saluran reproduksi utuh atau jenis kanker ovarium tertentu.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network