get app
inews
Aa Read Next : Berlibur Ke Pulau Nongsa, 5 Aktifitas ini Asyik Untuk Dilakukan

Waspada! Tidur Terlalu Lama di Akhir Pekan Bisa Membahayakan Kesehatan

Minggu, 25 Februari 2024 | 14:47 WIB
header img
Tidur Terlalu Lama di Akhir Pekan Bisa Membahayakan Kesehatan. (Foto: Ilustrasi)

4. Kegemukan  

Tidur terlalu banyak atau terlalu sedikit juga bisa membuat berat badan bertambah. Penelitian baru-baru ini menunjukkan orang yang tidur selama sembilan atau 10 jam setiap malam memiliki kemungkinan 21 persen lebih besar untuk mengalami obesitas selama periode enam tahun dibandingkan orang yang tidur antara tujuh dan delapan jam. 

Hubungan antara tidur dan obesitas tetap sama meskipun asupan makanan dan olahraga diperhitungkan. 

5. Sakit kepala  

Bagi sebagian orang yang rentan sakit kepala, tidur lebih lama dari biasanya di akhir pekan atau liburan bisa menyebabkan sakit kepala. 

Para peneliti percaya ini disebabkan efek tidur berlebihan terhadap neurotransmiter tertentu di otak, termasuk serotonin. Orang yang terlalu banyak tidur di siang hari dan mengganggu tidur malamnya juga mungkin akan menderita sakit kepala di pagi hari. 

6. Kematian  

Berbagai penelitian menemukan orang yang tidur sembilan jam atau lebih setiap malam memiliki tingkat kematian yang jauh lebih tinggi dibandingkan orang yang tidur tujuh hingga delapan jam semalam.  

Tidak ada alasan khusus untuk korelasi ini yang ditentukan. Namun peneliti menemukan depresi dan status sosial ekonomi rendah juga berhubungan dengan tidur yang lebih lama. 

 

Sumber: iNews.id

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut