Pihak Kapal SB Rahmad Jaya 12 Bantah Adanya Overload Penumpang Tujuan Batam

Abdul Kholiq
Terlihat penumpang kapal SB Rahmad Jaya 12 duduk di kursi tambahan (foto: penumpang untuk iNewsBatam.id)

Terkait dugaan overload penumpang kapal SB Rahmad Jaya 12, Kapolsek KKP Polresta Barelang, AKP P. Jaya Tarigan menyebut sudah melakukan pengecekan di lapangan. Dimana, berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh KSOP Moro dan Syahbandar terdaftar dimanifest penumpang hanya terdiri dari 116 penumpang sesuai kapasitas data muatan kapal yakni sebanyak 118 orang.

“Ini manifest semuanya sudah dikrocek dari pihak KSOP Moro dan Syahbandar,” ungkapnya.

Sesampai di Batam, pihaknya juga melakukan pengecekan dan jumlah penumpang normal atau sesuai kapasitas kapal. "Miss komunikasi saja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, seorang penumpang SB Rahmad Jaya 12, Budi menduga jika jumlah penumpang melebihi kapasitas. Peristiwa itu terjadi saat kapal berhenti di Kuala Enok, Guntung. Puluhan penumpang naik dan terjadi desak-desakan. Bahkan ada penumpang yang duduk di kursi plastik.

Kondisi padatnya penumpang dalam kapal kian menjadi saat kapal kembali menaikan penumpang di Pelabuhan Guntung. "Kami khawatir jika overload akan menyebabkan kecelakaan laut, kapal terbalik atau tenggelam. Apalagi sekarang angin laut kuat dan cuaca tidak menentu," ujarnya.

Editor : Defrizal

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network