get app
inews
Aa Read Next : Meski Punya Keunggulan, Paspor Elektronik Malah Kurang Diminati Warga Batam

Buronan Interpol Yusuke Yamazaki Dideportasi ke Jepang Hari Ini

Selasa, 12 Maret 2024 | 13:44 WIB
header img
Buronan Interpol Yusuke Yamazaki Dideportasi ke Jepang Hari Ini. (Foto: iNews Batam / Gusti Yennosa)

BATAM, iNewsBatam.id - Yusuke Yamazaki, pria berkebangsaan Jepang yang ditangkap setelah menjadi buronan Interpol (blue notice) atas dugaan kasus penipuan, dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam ke negara asalnya.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba menyebutkan, pemulangan pria kelahiran 28 Januari 1981 itu melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta. Kemudian baru dilanjutkan dengan penerbangan langsung ke Jepang.

“Ke Jakarta dulu dari sini, baru dilanjutkan ke Jepang pukul 21.25 WIB,” ujar Samuel, Selasa (12/3/2024).

Ia menjelaskan, Yusuke diamankan pertama kali saat jajaran Satpolairud Polresta Barelang melakukan patroli di perairan Pulau Bulan, Kecamatan Bulang, Kota Batam pada 31 Januari 2024 lalu.

Petugas menemukan satu kapal boat yang memuat dua orang anak buah kapal (ABK), empat orang penumpang warga negara Indonesia (WNI) dan seorang WNA. Mereka diduga hendak menuju ke negara Malaysia secara illegal. Kemudian, petugas membawa seluruh penumpang dan ABK kapal tersebut ke Kantor Satpolairud Polresta Barelang.

“Seorang WNA yang tidak memiliki identitas serta dokumen lainnya itu diserahkan kepada Kantor Imigrasi Batam pada 2 Februari yang dalam hal ini berwenang terhadap pengawasan dan penindakan orang asing,” kata dia.

Ia menyebutkan, berdasarkan hasil pemeriksan imigrasi dan pendalaman lebih lanjut oleh Direktorat Kerjasama Keimigrasian serta pengambilan data biometrik oleh Divhubinter Mabes Polri, pria tersebut diketahui bernama Yusuke Yamazaki dan masuk dalam daftar Blue Notice Interpol dengan nomor B3931/12-2022.

Selain itu, Yusuke diketahui masuk ke Indonesia pada 2 April 2021 melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta menggunakan paspor dengan Nomor TR3821024.

Lalu, ia juga pernah melakukan pengajuan pengurusan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) di Imigrasi Jakarta Utara saat belum berstatus blue notice Interpol pada Juli 2021 dan bekerja di PT Waringin Jaya Steel sejak Juli 2021 hingga Juni 2022.

“Yusuke lalu kita masukkan ke dalam ruang detensi imigrasi untuk menunggu jadwal deportasi, hal ini sesuai dengan pasal 83 ayat (1) huruf (d) UU No.6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,” katanya.

Editor : Johan Utoyo

Follow Berita iNews Batam di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut